Jumat, 18 Maret 2016

SEKILAS MENGENAI PT 100 TEMPERATURE PROBE


  Proteksi untuk temperature pada umumnya yang banyak di pergunakan di industri adalah PT 100, walau masih banyak jenis sensor yang terdapat di pasaran. Dinamakan PT100 hal ini hanya sebagai agar mudah di ingat bahwa pada nilai resistance 100 ohm sama dengan nilai 0 derajat Celcius.




 Gambaran skema PT 100:





  Antara White wire dan Red wire adalah value yang berubah ubah nilai resistancenya akibat paparan temperature yang diterima element platinum tersebut,sedangkan untuk red wire yang kedua bisa juga di gunakan sebagai kompensasi akibat bertambahnya atau berkurangnya nilai R oleh jarak kabel instalasi yang terkoneksi dengannya. 
misal: 
        temperature ruangan atau motor yang akan di pasang PT 100 bersuhu 30 derajat celcius,maka seharusnya nilai awal PT 100 sebelum terkoneksi sebesar 111ohm - 115 ohm.
dan kemudian setelah di lakukan koneksi kabel sepanjang 100 meter, maka nilai ohm akan bertambah(berkurang) akibat panjang kabel yang dipergunakan,misal sebesar total ohm menjadi 120 ohm, maka perlu dilakukan penambahan kompensasi sebesar -5 ohm terhadap RED WHIRE(2),agar temperature yang terbaca di alat baca mendekati akurat seperti yang di terima PT 100 tersebut.

BERIKUT TABEL STANDART PT100


ket: kolom 0 - 9 nilai resistance (ohm)

  Demikian sekilas PT100, mohon saran dan tanggapannya agar diskusi ini bisa bermanfaat bagi kita.
terima kasih

0 komentar:

Posting Komentar